Metode P4K Pacu Siswa Mascot Untuk Berprestasi

SoliSI.Info – Banjarnegara – Untuk memacu prestasi siswa, MTs Cokroaminoto Tanjungtirta kecamatan Punggelan, madrasah yang  berada dibawah naungan YPI Cokroaminoto Cabang Banjarnegara yang lebih dikenal dengan sebutan Mascot ini, melakukan berbagai macam terobosan  untuk mendorong siswa siswinya untuk mengikuti berbagai macam lomba, salah satunya dengan penerapan metode P4K (pemberian piagam penghargaan per kelas). Dengan metode tersebut diharapkan siswa lebih tertantang untuk berprestasi  baik akademik dan non akademik. Salah satu keunggulan dari metode tersebut dapat membangkitkan Jiwa kompetisi tumbuh lebih baik dengan arahan dan pantauan dari wali kelas masing masing.

P4K merupakan metode baru dalam pembagian piagam di MTs Cokkroaminoto Tanjungtirta. biasanya piagam penghargaan diberikan pada saat upacara atau apel pagi hari senin dan setelah sholat sunnah yang sudah menjadi pembiasaan di MASCOT. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh wakil kepala bidang akademik, Rofingatun Widiyanti, Ia menyampaikan dalam breafing pagi bahwa pembagian piagam dirubah menjadi metode P4K dengan maksud dan tujuan supaya lebih terpantau dengan baik, siapa yang sudah mengikuti ajang perlombaan dan siapa yang belum mengikuti ajang perlombaan dalam bimbingan kelasnya masing masing, baik bidang akademik maupun bidang non akademik. Sistim kontrolnya lebih mudah jika dilaksanakan di dalam kelas, selain siswa siswi merasa lebih tertantang untuk berprestasi karena bersaing dengan teman satu kelas juga merasa lebih dekat dengan wali kelasnya.

Lebih lanjut Ia menerangkan ketika siswa siswi sudah dekat dengan wali kelasnya akan lebih mudah dalam mengarahkan dan membimbingnya menjadi juara di dalam bidangnya masing-masing. “semangat yang tinggi yang dimiliki oleh seluruh wali kelas MTs Cookroaminoto Tanjungtirta adalah modal utama dalam mensukseskan siswa siswi bimbingan masing masing untuk menjad yang terbaik” Terang Yanti bersemangat.

Latifah Rakhmawati selaku wali kelas 8.1 menyampaikan bahwa P4K menjadi wahana bersaing yang sehat dan positif di dalam kelas bimbingannya. Siswa siswi terlihat antusias ketika diumumkan nama dengan pencapaian dibidangnya masing masing. Ia berharap agar kegiatan tersebut dapat memotivasi siswa lebih semangat lagi dalam mengikuti berbagai macam bidang lomba yang diselenggarakan baik tingkat kabupaten, propinsi maupun Nasional bahkan Internasional.

“saya berharap agar kegiatan tersebut dapat memotivasi siswa lebih semangat lagi dalam mengikuti berbagai macam bidang lomba yang diselenggarakan baik tingkat kabupaten, propinsi maupun Nasional bahkan Internasional.” Ucap Ifah. (rw).

Bagikan info ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *